2/05/2013

Israel Menyerang, Suriah Siap Balas

Kabar Perang - Damaskus: Presiden Suriah, Bashar al-Assad, menuduh Israel melancarkan serangan atas negerinya. Hal itu dikatakan Assad dalam pertemuan dengan Ketua Dewan Keamanan Nasional Iran, Saeed Jalili, Ahad (3/2).

Kepada Jalili, Assad mengatakan pasukannya bisa menghadapi tiap agresi dari luar. Adapun Iran, kata Jalili, berjanji memberikan dukungan penuh bagi rakyat Suriah.

Sebelumnya, Israel untuk pertama kalinya membuat pernyataan terbuka tentang serangan udara yang terjadi di Suriah.

Sumber-sumber Amerika Serikat dan pejabat di Timur Tengah mengatakan, pesawat tempur Israel menyerang sebuah konvoi kendaraan bermotor Suriah, Rabu pekan lalu. Konvoi kendaraan itu disinyalir membawa senjata-senjata antiserangan udara yang kemungkinan akan diberikan kepada kelompok militan Hizbullah di Lebanon.

Dalam konferensi keamanan di Munich, Jerman, Ahad lalu, Menteri Pertahanan Israel Ehud Barak mengatakan serangan udara itu adalah bukti bahwa Israel tidak main-main.

"Kami mengatakan sesuatu, kami tidak main-main. Kami mengatakan bahwa Suriah tidak bisa dibiarkan mengirim senjata ke Lebanon," kata Ehud Barak.

Pers resmi Suriah memberikan laporan yang berbeda tentang serangan udara itu. Menurutnya serangan ditujukan pada fasilitas riset militer Suriah, Jamraya, yang terletak di luar kota Damaskus.

Dutabesar Suriah untuk Lebanon, Ali Abdul-karim ali mengatakan, pemerintahnya punya pilihan untuk melancarkan balasan atas serangan Israel. Tapi ia tidak memberikan keterangan lebih lanjut apa bentuk atau kapan serangan itu dilakukan.

Pejabat-pejabat Israel belakangan ini telah memperingatkan bahwa apabila Hizbullah memperoleh senjata dari Suriah, konflik di Timur Tengah akan bertambah luas.

Anggota parlemen Israel, Tzahi Hanegby mengatakan, Israel sebetulnya menghendaki negara-negara Barat bertindak untuk mengontrol pemilikan senjata-senjata seperti itu. Tapi, lanjut Hanegby, dunia internasional tampaknya tidak mau bertindak sehingga Israel harus mencari cara sendiri untuk menyelesaikan masalah itu.

No comments:

Post a Comment





Supported By Mael For You