1/31/2013

AS Kirim Pesawat Bantu Tentara Afrika di Mali

Kabar Perang - Washington: Amerika Serikat akan menyediakan transportasi udara untuk tentara Afrika yang membantu pertempuran pemberontakan di Mali utara.

"Kami mendukung upaya internasional dengan menyediakan angkutan udara bagi negara-negara di kawasan itu, termemasuk Chad dan Togo," kata Juru Bicara Pentagon George Little, Selasa (29/1).

Togo telah menjanjikan sekitar 700 tentara kepada pasukan internasional di Mali di bawah pengawasan Masyarakat Ekonomi Negara Afrika Barat (ECOWAS). Chad, yang bukan bagian dari ECOWAS, telah berjanji untuk mengirim 2.000 tentara ke Mali.

Namun penyebaran tentara Afrika telah diperlambat oleh keuangan dan keprihatinan logistik.

Little mengatakan, sehubungan dengan dukungan pasukan Prancis, Pentagon telah melakukan 17 penerbangan dengan pesawat C-17 yang membawa lebih dari 391 ton peralatan dan hampir 500 penumpang dari Prancis ke Bamako.

Selain bantuan dengan peralatan dan intelijen, AS juga mulai memberikan dukungan pengisian bahan bakar untuk Operasi udara Prancis yang menggunakan tiga pesawat KC-135. Misi pengisian bahan bakar pertama menyediakan sekitar 33 ribu pon bahan bakar jet untuk pesawat tempur Prancis.

Pada 11 Januari, Prancis meluncurkan intervensi militer untuk membantu Mali dan pasukan Afrika lainnya guna mengusir gerilyawan yang mengendalikan bagian utara negara itu.

No comments:

Post a Comment





Supported By Mael For You