2/03/2013

Setengah Pengungsi Palestina di Suriah Mengungsi

Kabar Perang - Beirut: Konflik Suriah yang telah berlangsung selama 22 bulan telah mengakibatkan separuh dari 500 ribu pengungsi Palestina yang
berada di negara itu pergi untuk mengungsi.

Badan PBB urusan Bantuan dan Pekerjaan (UNRWA), Jumat (1/1), mengatakan 20 ribu dari sekitar 250 ribu pengungsi Palestina telah meninggalkan Suriah menuju ke negara tetangga, Libanon, dan hampir 3.500 yang lain menuju Yordania.

Setidaknya 400 ribu pengungsi Palestina membutuhkan bantuan kemanusiaan. Menurutnya, sudah 13 orang tewas dalam kekerasan di dan sekitar Damaskus selama sepekan terakhir.

Delapan anggota UNRWA juga telah ditangkap atau hilang. "Semua warga sipil di Suriah menanggung beban akibat aksi kekerasan. Situasi saat ini bagi warga Palestina di Suriah sungguh luar biasa," kata Komisaris Jenderal UNRWA Filippo Grandi dalam pernyataan pekan lalu.

"Mereka dua kali menjadi pengungsi," kata Grandi. Konflik Suriah, yang dimulai sebagai pemberontakan damai terhadap Presiden Bashar al-Assad pada Maret 2011, dengan cepat berubah menjadi perang sipil skala penuh yang telah menewaskan lebih dari 60 ribu orang.

UNRWA mengatakan mereka membutuhkan US$91 juta untuk mengatasi krisis kemanusiaan.

No comments:

Post a Comment





Supported By Mael For You