2/05/2013

Prancis Tarik Pasukan dari Timbuktu

Kabar Perang - Paris: Prancis bekerja 'sangat cepat' untuk menarik pasukannya dari Timbuktu, kata Menteri Luar Negeri Laurent Fabius pada Senin (4/2), tanpa menjelaskan apakah pasukan itu akan dikirim ke Mali utara.

"Kami ingin cepat mengalihkan kota yang kami kuasai kepada pasukan Afrika AFISMA," kata Fabius kepada radio Inter Prancis. Untuk Timbuktu penarikan "bisa berlangsung sangat cepat, kami sedang melakukan itu," katanya.

Pasukan Perancis memegang kendali di Timbuktu dan sejumlah kota-kota di bagian utara yang lain menyusul serangan pendahuluan terhadap gerilyawan yang mengendalikan kawasan gurun yang luas di bagian utara, Mali, tahun lalu.

Para pejabat mengatakan gerilyawan memiliki kemungkinan melarikan diri ke daerah pegunungan di sekitar kota timur laut Kidal, benteng terakhir dari para gerilwan bersenjata. Prancis mengatakan pihaknya melakukan serangan udara utama pada Minggu di dekat Kidal, namun Fabius tidak menjawab ketika ditanya apakah serangan itu ditujukan untuk mempersiapkan operasi darat pimpinan Prancis.

"Ini adalah untuk menghancurkan markas belakang mereka, tempat pertahanan mereka," katanya.

No comments:

Post a Comment





Supported By Mael For You