2/15/2013

Afghanistan Sambut Baik Penarikan Tentara AS Awal 2014

Kabar Perang-Kabul: Pemerintah Afghanistan menyambut baik pernyataan Presiden Barack Obama yang akan menarik mundur 34 ribu tentara Amerika Serikat dari Afghanistan mulai awal tahun depan.

Presiden Obama mengatakan hal itu Selasa lalu dalam pidato kenegaraannya. Ia mengatakan sekitar separuh pasukan AS saat ini bertugas di Afghanistan. Ke-34 ribu personil akan pulang dalam waktu satu tahun.

Kantor Presiden Afghanistan Hamid Karzai, Rabu (13/4), mengatakan pengumuman Presiden Obama itu merupakan hal yang diinginkan sejak lama oleh Afghanistan.

"Penarikan mundur pasukan asing dari desa-desa Afghanistan musim semi ini sudah pasti akan membantu dalam menjamin perdamaian dan keamanan sepenuhnya di Afghanistan," tambah pernyataan itu.

Bulan lalu, Barack Obama dan Hamid Karzai sepakat bahwa tanggungjawab keamanan akan diserahterimakan dari pasukan koalisi yang dipimpin AS kepada pasukan keamanan Afghanistan pada musim semi ini dan bukan pada akhir musim panas – yang direncanakan semula.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Afghanistan, Mohammad Zahir Azimi menyatakan, Afghanistan siap mengisi kevakuman setelah penarikan mundur tentara Amerika dan pasukan NATO lainnya. Serah terima tanggungjawab keamanan sepenuhnya dari NATO kepada pasukan Afghanistan dijadwalkan berlangsung tahun 2014.

Seorang juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid mengatakan, satu-satunya jalur yang bisa diterima adalah semua tentara asing segera meninggalkan Afghanistan.

Di lain pihak, sejumlah orang mengecam penarikan mundur itu. Mereka menyatakan kekhawatiran bahwa pemberangkatan pasukan NATO akan membuat negara itu tidak stabil.

Pada puncak perang satu dekade ini, AS telah menempatkan sekitar 100 ribu tentara di Afghanistan.

No comments:

Post a Comment





Supported By Mael For You