1/25/2013

Korea DPR Tetap Uji Coba Nuklir, China Ancam Kurangi Bantuan

Kabar Perang - Beijing: China yang merupakan sekutu penting Korea Utara akan mengurangi bantuan kepada Pyongyang, jika tetap melakukan uji coba nuklir yang direncanakan. Hal ini dilaporkan media pemerintah dalam satu peringatan Jumat (25/1).

China adalah pemasok energi penting Korut dan mitra dagang, serta dianggap sebagai salah satu dari beberapa negara yang dapat mempengaruhi sikap Pyongyang.

"Jika Korut tetap akan melakukan uji-uji coba nuklir lagi, China tidak akan segan-segan mengurangi bantuannya kepada Korut," kata surat kabar Global Times dalam satu tajuk rencana.

"Biarkan Korut 'marah'. Kita tidak dapat berdiam diri dan tidak melakukan tindakan apapun hanya karena kita khawatir itu mungkin akan berdampak pada hubungan China-Korea Utara."

Komentar-komentar yang sama muncul dalam versi China pada artikel itu. Surat kabar itu adalah milik People's Daily, suara resmi partai yang berkuasa dan biasanya menyiarkan pernyataan nasionalistik mengenai hubungan luar negeri.

Tajuk rencana itu muncul setelah Pyongyang mengecam satu resolusi Dewan Keamanan PBB pekan ini.

Korut berikrar akan meningkatkan persenjataan nuklirnya dan akan melakukan uji coba ketiga nuklir, dan peluncuran-peluncuran roket jangkauan jauh dalam satu "aksi besar-besaran" terhadap musuh bebuyutannya AS.

"China memiliki satu dilema; tidak ada kemungkinan jalan bagi kita untuk mengusahakan keseimbangan diplomatik antara Korea Utara dan Korea Selatan, Jepang dan AS," kata Global Times.

"Kita harus memiliki satu sikap pragmatis untuk menghadapi masalah-masalah itu dan mengikuti perbandingan optimal antara investasi kita atas sumber-sumber alam dan keutungan strategis."

"China mengharapkan satu semenanjung yang stabil,tetapi dunia tidak akan hancur jika terjadi kesusahan di sana," tambahnya.

No comments:

Post a Comment





Supported By Mael For You