1/27/2013

AS Ajak Masyarakat Dunia Lawan Kim Jong Un

Kabar Perang - Washington: Kim Jong Un sebagai pemimpin muda Korea Utara terus memilih opsi yang salah. Karena itu, Amerika Serikat mengimbau masyarakat internasional harus bersatu melawan Pyongyang.

"Ini menjadi cerita yang menyedihkan karena pemimpin Korut terus membuat keputusan yang salah seperti Menlu AS pernah mengatakannya," kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS Victoria Nuland pada sebuah konferensi pers, Sabtu (26/1).

Menteri Luar Negeri Hillary Clinton secara konsisten menyerukan Pemimpin Korut untuk menentukan pilihan yang tepat demi mengakhiri isolasi dan kelaparan di Korea Utara.  Bukannya meneruskan program pengembangan senjata.

Sejak mengambil alih kekuasaan pada Desember 2011, Kim Jong Un telah mengambil kebijakan provokatif dengan melakukan dua kali uji coba roket jarak jauh dan ancaman militer.

Awal pekan ini, Pyongyang mengatakan pihaknya akan melakukan uji coba nuklir dan terus meluncurkan rudal dengan target AS sebagai pembalasan atas sanksi baru PBB terhadap negara komunis itu.

Korut juga mengancam akan melakukan tindakan fisik jika Korea Selatan ikut terlibat terhadap pemberlakuan sanksi itu.

"Kebijakan Pyongyang menjadi perhatian. Itulah mengapa persatuan masyarakat dunia begitu penting dalam menanggapi sesuatu yang buruk," kata Nuland.

Dia sepakat bahwa peran China sangat penting. "Mereka, dalam berbagai kesempatan mampu memperjelas bahwa dukungan dari Beijing dalam hal perdagangan, bantuan, hubungan energi, dan sebagainya tergantung pada keputusan Korea Utara," kata Nuland.

"Jelas, Korea Utara masih sangat bergantung pada bantuan dan hubungan perdagangan dengan Beijing."

Dia mencatat bahwa China memberikan lampu hijau resolusi terbaru Dewan Keamanan  PBB terhadap Korea Utara terkait peluncuran roket mereka pada Desember.

No comments:

Post a Comment





Supported By Mael For You