3/16/2013

Serangan-serangan di Baghdad Tewaskan 25 Orang

Kabar Perang-Baghdad: Ledakan-ledakan terkoordinasi menewaskan sedikitnya 25 orang di pusat Kota Baghdad, Kamis (14/3), di dekat zona hijau dengan penjagaan ketat yang merupakan lokasi sejumlah kedutaan besar Barat.

Belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas pemboman itu, namun gerilyawan Sunni melipatgandakan upaya mereka untuk merongrong pemerintah Syiah Irak, dan memperbesar konflik antarmasyarakat tahun ini.

Polisi mengatakan, dua bom mobil meledak di distrik Alawi, salah satunya di dekat gedung kementerian kehakiman, sebelum penyerang bunuh diri meledakkan bom mobilnya di dekat kantor kementerian dalam negeri.

Seorang penyerang bunuh diri memasuki kantor kementerian kehakiman, kemudian sejumlah militan menyerang bangunan itu dan bentrok dengan pasukan keamanan Irak yang kemudian berhasil menguasai lagi keadaan.

"Saya pergi ke lantai dua untuk melakukan sesuatu ketika saya mendengar ledakan, kemudian satu ledakan lagi," kata Ammar Ghanim, seorang polisi yang berada di dalam gedung kementerian itu pada saat serangan tersebut.

"Kami mendengar penembakan dan beberapa menit kemudian tiga penyerang yang memakai seragam militer datang ke lantai dua dan mulai menembak secara membabi-buta," kata polisi itu.

"Saya terkena tembakan di kaki dan saya bangga membunuh salah satu dari mereka (penyerang)."

Di antara mereka yang tewas terdapat sedikitnya tujuh polisi dan 15 warga sipil, kata polisi dan petugas medis. Tiga militan juga tewas. Sedikitnya 50 orang cedera.

Kekerasan itu merupakan yang terakhir dari gelombang pemboman dan serangan bunuh diri di tengah krisis politik antara Perdana Menteri Nuri al-Maliki, dan mitra-mitra pemerintahnya dan pawai protes selama beberapa pekan yang menuntut pengunduran dirinya.

No comments:

Post a Comment





Supported By Mael For You