2/13/2013

Tanggapi Uji Nuklir, Menlu China Panggil Dubes Korut


Kabar Perang: Uji nuklir yang dilakukan Korea Utara, Selasa (12/2), menimbulkan kecaman dari negara dan organisasi internasional, termasuk China.

Menteri Luar Negeri China Yang Jiechi memanggil duta besar Korea Utara (Korut) di Beijing tersebut untuk meminta penjelasannya.

Kepada Dubes Korut Ji Jae Ryong, Jiechi ingin menyampaikan ketidaksenangan China dan penegasan penolakan uji nuklir yang telah dilakukan negara sekutunya tersebut.

Kementerian Luar Negeri China merilis keterangan yang menyatakan Jiechi meminta Korut mengendalikan situasi yang memanaskan konflik dan kembali kepada saluran dialog dan negosiasi.

Dalam pertemuan tersebut disebut Ryong menyatakan negaranya melakukan uji nuklir sebagai respon atas ancaman Amerika Serikat.

Korut pun mengancam akan melanjutkan pengujian kedua dan ketiga yang tidak ditentukan tapi dengan intensitas lebih besar jika AS tetap mempertahankan permusuhan.

Seperti dilansir The Associated Press China berang terhadap Korut karena letak uji nuklir yang berada tidak jauh dari perbatasan China yakni kurang dari 100 km.

Selain itu, banyak warga di perbatasan China menilai uji nuklir itu seperti orang yang melemparkan granat di saat mereka sedang merayakan tahun baru China.

No comments:

Post a Comment





Supported By Mael For You