8/03/2014

Korea Utara, Kerajaan Penuh Teka-Teki

Kim Jong-Un beri Pengarahan Militer

Korea Utara, Kerajaan Penuh Teka-Teki - Puongyang: Korea Utara sejak masa pemerintahan Kim Il-Sung dan Kim Jong-Il selalu menarik perhatian. Kini di tangan Kim Jong-Un, negara ini masih dianggap berbahaya oleh pihak Barat.

Ada dua sisi yang diperlihatkan oleh Korea Utara, pertama sisi yang dianggap menakutkan. Kemudian ada pula sisi yang dianggap terlalu komikal atau lucu. Namun ada sisi lain yang patut menjadi perhatian, yakni sisi horor.

Dalam penyelidikan selama satu tahun yang dilakukan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menunjukkan bahwa Korea Utara dikenal sebagai negara yang melakukan tindakan brutalitas terhadap warganya sendiri. Tindakan brutal tersebut bahkan tidak bisa dibayangkan dalam dunia saat ini.

"Berdasarkan laporan, Korea Utara melakukan tindakan pembunuhan, penyiksaan, perbudakaan dan menyebabkan kelaparan massal terhadap warganya sendiri," tulis Frida Giths, dalam laporannya di CNN, Sabtu (2/8/2014).

Cerita mengenai para pengungsi yang berhasil melarikan dari Korea Utara, menjadi contoh bukti mencekam bahwa rezim Korea Utara bukan saja memberikan ancaman dari segi militer. Korea Utara juga dianggap memberikan ancaman terhadap krisis humanitarian.

"Korea Utara adalah kerajaan penuh teka-teki yang terus menerus mengancam, aneh serta brutal. Rezim pemerintahan Korea Utara menjadi bukti di mana mereka tidak bisa memberi makan rakyatnya, tetapi mampu menyaingi rivalnya (dalam segi militer)," lajut Giths.

Melalui kekuatan militernya, Korea Utara mampu membuat bingung negara tetangganya yang lebih makmur, Korea Selatan. Hingga saat ini, Korea Selatan masih terus mewaspadai kemungkinan serangan dari Negara Komunis Asia tersebut.

Korea Selatan pun terus khawatir, apakah ibu kota mereka, Seoul bisa menahan gempuran bila Korea Utara menyerang. Mengingat jarak dari perbatasan kedua negara hanya mencapai 35 mil.

Program nuklir Korea Utara lain lagi ceritanya. Melalui serangkaian uji coba, 'termasuk rudal konvensional' Korea Utara mampu menarik negara besar seperti Amerika Serikat (AS) berupaya keras melakukan pendekatan agar Korea Utara meninggalkan program nuklir mereka.

Namun semua itu sia-sia. Korea Utara pun melakukan berbagai uji coba, termasuk uji coba roket jarak jauh dan uji coba nuklir. Mereka bahkan mengancam AS dengan uji coba nuklir keempat yang bisa berlangsung kapan saja.

Parade Militer Korea Utara untuk Menakuti Korea Selatan

Cerita mengenai Korea Utara tidak selamanya dipenuhi horor. Tetapi beberapa kali mereka membuat perhatian dunia karena ulah aneh yang membuat warga dunia terheran-heran.

Berita-berita mengenai Korea Utara bisa sangat tidak terarah dan bahkan dipenuhi humor yang memenuhi media dunia dan sosial media, hingga sekilas hal tersebut adalah fakta.

Ketika final Piala Dunia 2014 menunjukkan Jerman sebagai juara, muncul video satir yang menyebutkan bahwa kantor berita Korea Utara memberitakan bahwa tim nasional Korea Utara menjadi juara dari Piala Dunia. Ini salah satu contoh yang menghibur dari negara yang dipimpin Kim Jong-Un itu.

"Salah satu berita yang paling tidak masuk di akal adalah peneliti dari Pemerintah Korea Utara yang menyebutkan negara mereka adalah negara paling bahagia kedua di dunia, hanya berada di belakang China," tulis Frida Giths, dalam laporannya di CNN, Sabtu (2/8/2014).

Berita-berita mengenai penguasa Korea Utara pun selalu dipenuhi dengan kehebatan. Ada satu cerita di mana mantan pemimpin Korea Utara Kim Jong-Il selalu mencetak skor setiap bermain bowling. Selain itu, Jong-il juga disebut sebagai pemain golf terhebat di dunia.

Biografi mengenai Kim Jong-Il pun tampak seperti sebuah cerita di komik Marvel. Jong-Il disebutkan lahir di surga. hal ini sesuai dengan cerita ayahnya, Kim Il-Sung, yang menyebut dirinya lahir di bawah pelangi dan bintang baru muncul.

Tiga generasi dari Kim yang memimpin Korea Utara, diperlihatkan sebagai sosok supernatural. Di luar negeri, mereka dianggap seperti tokoh kartun, di mana perilakunya bisa membuat pusing para diplomat dan pengamat.

Beberapa waktu lalu, Pemerintah Korea Utara mempublikasikan perkataan bernada rasis kepada Presiden AS Barack Obama. Mereka menyebut presiden kulit hitam pertama AS itu sebagai seorang badut yang tidak pernah mengerti penampilan sebagai seorang manusia.

Hingga saat ini, Pemerintah Korea Utara menciptakan realitas mereka sendiri. Selain itu mereka masih terus mencuci otak warganya untuk selalu hormat kepada pemerintahannya. Siapa pun yang melawan pemerintah selalu diberikan hukuman berat.

1 comment:





Supported By Mael For You