7/07/2015

Boko Haram Serang Masjid, 97 Orang Mati

Pasukan Nigeria hadapi Boko Haram

Boko Haram Serang Masjid, 97 Orang Mati - Maiduguri: Ekstremis Boko Haram menembak nyaris 100 jemaah yang sedang beribadah di masjid-masjid sekitar timur laut Nigeria sepanjang bulan ramadan. Hal itu disampaikan pemerintah setempat, Kamis lalu. Menurut saksi, serangan pada Rabu malam di Kukawa terjadi sehari setelah ekstremis Islam menyerang sebuah desa dan menewaskan 48 orang dan anak laki-laki.

Menurut saksi mata, pada Selasa malam, kelompok itu menyerbu desa Mussaram. Mereka meminta perempuan dan laki-laki untuk berpisah kemudian membunuh laki-laki dan anak-anak.

"Total 48 laki-laki meninggal di tempat sementara 17 lainnya mengalami luka berat," kata pejabat pertahanan setempat Maidugu Bida yang ikut membantu menguburkan korban, seperti dilansir AP.

Rabu malam, peristiwa sadis itu kembali terulang. Masyarakat Kukawa berada di beberapa masjid untuk beribadah ketika ekstremis menyerang. Menurut juru bicara pertahanan Abbas Gava dan pejabat senior yang enggan disebutkan namanya, secara keseluruhan, ekstremis membunuh 97 orang yang didominasi laki-laki.

Sedangkan menurut Gava, kelompok itu juga memasuki rumah penduduk dan membunuh perempuan serta anak-anak ketika sedang menyiapkan makan malam.

Sebelumnya, pada Senin, dua bom bunuh diri meledak di sekitar Maidugiri hanya satu jam sebelum Wakil Presiden Nigeria Yemi Osinbanjo tiba. Ia mengunjungi tempat itu untuk melihat kondisi ribuan orang yang diungsikan akibat pemberontakan Islam lima tahu lalu. Peristiwa itu membunuh lebih dari 13 ribu orang dan membuat 1,5 juta orang harus keluar dari rumah mereka.

Kukawa terletak 180 kilometer dari timur laut Maidugiri, kota terbesar di Nigeria dan dikenal sebagai tempat lahirnya Boko Haram.

No comments:

Post a Comment





Supported By Mael For You