7/23/2014

Perdana Menteri Turki Kritisi Dukungan AS Terhadap Israel

Perdana Menteri Turki, Recep Tayyip Erdogan

Perdana Menteri Turki Kritisi Dukungan AS Terhadap Israel - Istanbul: Perdana Menteri Turki, Recep Tayyip Erdogan mendesak Amerika Serikat untuk memberikan kontribusi bagi perdamaian dunia. Erdogan mengatakan mengkritik kebijakan Amerika Serikat yang mendukung Israel sehingga warga Palestina yang tewas di Jalur Gaza kian bertambah.

"Ada 280 resolusi PBB terhadap Israel. Ini karena tindakan teroris. Mereka selalu membunuh orang dengan kejam dan menggunakan kekuatan yang tidak proporsional. Bagaimana kita bisa mengabaikan semua ini? Bagaimana AS bisa mengabaikan semua ini?," kata Recep Tayyip Erdogan dalam sebuah wawancara di TV Turki TGRT Haber, Ahad (20/7/2014) waktu setempat.

Departemen Luar Negeri AS menyebut komentar anti-Israel dari Erdogan itu 'ofensif, salah, dan provokatif.'

Menanggapi hal itu, Erdogen mengatakan "500 ton bom telah jatuh di atas wilayah yang sangat jauh. Lebih dari 300 orang tewas akibat pemboman itu. Dalam keadaan ini, AS harus mengkritik dirinya sendiri jika ia masih mengatakan 'Israel menggunakan haknya untuk membela diri. Mereka sendiri yang membuat pernyataan ofensif'."

Erdogan menambahkan: "AS harus lebih banyak berkontribusi untuk perdamaian dunia sekarang ini. Hal itu menunjukkan bahwa mereka berada di pihak Israel."

No comments:

Post a Comment





Supported By Mael For You