7/26/2014

Israel-Gaza Sepakati Gencatan Senjata Selama 12 Jam

Israel-Gaza Sepakati Gencatan Senjata Selama 12 Jam - Kairo: Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan kepada Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry bahwa Israel akan memulai jeda 12 jam permusuhan dengan Gaza yang dimulai pada Sabtu (26/7/2014) pukul 07.00 waktu setempat.

Hal tersebut dikatakan seorang pejabat yang enggan disebut namanya saat ditanya tentang pernyataan Kerry sebelumnya mengenai sikap Netanyahu di konferensi pers di Kairo.

Seorang pejabat Amerika Serikat mengatakan pada Jumat (15/7/2014) malam bahwa Israel juga telah memutuskan gencatan senjata Gaza 12 jam secara sepihak mulai dari pukul 07.00 Sabtu pagi.

Belum ada komentar resmi dari Israel, tetapi surat kabar Haaretz mengutip seorang pejabat senior negara Yahudi yang tidak disebutkan namanya mengkonfirmasikan mulai pukul 07.00 negaranya melakukan gencatan senjata itu. Israel sebelumnya sempat menolak usulan gencatan senjata Gaza yang disampaikan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry itu.

"Kabinet keamanan dengan suara bulat menolak usulan gencatan senjata Kerry, sebagai sikap," kata Channel 1, televisi publiks Israel dan menambahkan bahwa para menteri Israel akan terus membahasnya.

Sebelumnya, Hamas juga menolak gencatan senjata usulan Mesir untuk mengakhiri 16 hari pertempuran mematikan dengan Israel kecuali jika blokade terhadap Jalur Gaza dicabut, kata ketua gerakan Hamas Khaled Meshaal, di Doha, Rabu (23/7/2014).

Namun, seorang pejabat Hamas mengatakan pada hari ini kelompoknya akan mengamati gencatan senjata Gaza selama 12 jam.

"Ada konsensus nasional mengenai gencatan senjata kemanusiaan, selama 12 jam pada Sabtu, 08.00-20.00 waktu setempat," kata Juru Bicara Hamas, Sami Abu Zukhri.

No comments:

Post a Comment





Supported By Mael For You