4/07/2013

Hampir 35 Ribu Pengungsi Suriah Pulang Kampung

Hampir 35 Ribu Pengungsi Suriah Pulang Kampung - Amman: Sekitar 35 ribu pengungsi Suriah kembali dari kamp Al-Zatari di Amman ke Tanah Air mereka sejak awal krisis untuk menghindari kondisi buruk mereka menderita di kamp.

Juru bicara urusan pengungsi Suriah di Yordania Anmar al-Hamoud menegaskan bahwa pengungsi Suriah yang kembali ke negara mereka secara sukarela sejak awal krisis mencapai 34,824 orang.

Ia menambahkan bahwa pemerintah Yordania memastikan pada Kamis (4/4) telah kembali 2.500 pengungsi dari kamp al-Zatari ke Suriah atas permintaan mereka sendiri.

Puluhan pengungsi Suriah kembali ke Suriah dalam beberapa bulan terakhir, karena kondisi kehidupan yang sulit di kamp dan kurangnya pelayanan kemanusiaan serta medis, penculikan tindakan, perampokan, dan kebakaran.
   
Sebelumnya, hampir 35 ribu pengungsi Suriah telah pulang dari Yordania sejak konflik di negara mereka pecah pada Maret 2011. Tapi, jumlah yang lebih besar justru masuk dalam eksodus bulan lalu.

Yordania mengatakan pihaknya menampung lebih dari 475 ribu pengungsi dari Suriah, termasuk lebih dari 146 ribu pengungsi di Al-Zatari, kamp
perbatasan yang penghuninya telah melakukan beberapa aksi protes atas kondisi kehidupan yang sulit.

Lebih dari 41 ribu pengungsi Suriah memasuki Yordania pada Maret saja. Kerajaan itu khawatir pengungsi akan melonjak menjadi 700 ribu pada akhir tahun ini.

"Sebanyak 1,2 juta warga Suriah telah melarikan diri ke negara-negara tetangga dalam dua tahun terakhir," kata Komisariat Tinggi PBB untuk Pengungsi.

No comments:

Post a Comment





Supported By Mael For You