4/07/2013

AS Sebar Pesawat tak Berawak di Jepang

AS Sebar Pesawat tak Berawak di Jepang - Tokyo: Militer Amerika Serikat memutuskan akan menyebarkan pesawat tak berawak di Jepang untuk meningkatkan kemampuan pengawasan saat Korea Utara menyiapkan peluncuran peluru kendali.

Menurut media Jepang Sankei Shimbun, Global Hawk akan ditempatkan di pangkalan udara AS di Misawa, utara Jepang. Ini merupakan penyebaran pesawat tak berawak AS pertama kalinya di Jepang.

Militer AS menginformasikan Jepang bulan lalu tentang rencana untuk menyebarkan pesawat jenis itu antara Juni dan September, tetapi mungkin akan dimajukan mengikuti laporan tentang persiapan peluncuran rudal Korea Utara.

Kantor berita Korea Selatan Yonhap mengutip pejabat resmi pemerintah Korea Selatan mengatakan, Korea Utara telah memuat dua rudal Musudan jarak menengah di fasilitas bawah
tanahnya di dekat pantai timur.

Musudan belum pernah diuji, tetapi diyakini memiliki jangkauan sekitar 3.000 kilometer (1.860 mil), yang secara teoritis bisa didorong untuk 4.000 kilometer jika rudal itu  diberi muatan ringan. Jangkauan itu akan mencakup sasaran di Korea Selatan dan Jepang, dan bahkan mungkin bisa mencapai pangkalan militer Amerika Serikat yang terletak di pulau Pasifik Guam.

Ketegangan telah meningkat di semenanjung Korea sejak Desember lalu, ketika Korea Utara meluncurkan uji roket jarak jauh. Pada  Februari, Korea Utara melakukan uji nuklir ketiga kalinya dan memicu  sanksi baru PBB.

No comments:

Post a Comment





Supported By Mael For You