1/29/2013

Militer Prancis Rebut Akses Menuju Timbuktu

Kabar Perang - Timbuktu: Militer Prancis berhasil merebut bandara dan jalan-jalan menuju kota Timbuktu, Mali, Ahad (27/1) waktu setempat. Ini merupakan operasi lanjutan untuk mengusir militan Islamis yang telah menguasai bagian utara Mali selama berbulan-bulan.

Menurut pejabat militer Prancis, Senin (28/1), pasukan penerjun payung dan pasukan di darat yang didukung helikopter-helikopter berhasil merebut akses ke kota itu.

Badan kebudayaan PBB UNESCO memasukkan Timbuktu sebagai situs Warisan Dunia karena masjid-masjid dan tempat-tempat suci kuno di kota itu, yang sebagian dibangun pada abad ke-15. Tetapi kelompok Islamis Ansar Dine menganggap tempat-tempat tersebut telah dikeramatkan dan militan telah menghancurkan sejumlah mausoleum di kota itu.

Timbuktu terletak sekitar 300 kilometer di sebelah baratlaut Gao, kota yang direbut kembali oleh pasukan Perancis dan Mali, Sabtu lalu, dari kelompok Islamis yang melarikan diri tanpa memberi perlawanan.

Penduduk memainkan musik di jalan-jalan, menari-nari, merokok dan mengenakan baju ala Barat, untuk merayakan hari pertama tanpa hukum Islam yang telah berbulan-bulan diberlakukan kelompok militan itu di sana

No comments:

Post a Comment





Supported By Mael For You