5/28/2013

Militer Nigeria Klaim Hancurkan Kamp Militan Pemberontak Boko Haram

Militer Nigeria Klaim Hancurkan Kamp Militan Pemberontak Boko Haram - Abuja: Militer Nigeria mengaku menghancurkan sejumlah kamp kelompok militan Boko Haram di kawasan timur laut negara tersebut. Pejabat senior Brigjen Chris Olukolade mengatakan lokasi itu sebagai tempat mengoordinasikan serangan ke komunitas lokal terdekat.

Dalam keterangan pers, Jumat (24/5) waktu setempat, Olukolade memberikan keterangan rinci mengenai serangan militer itu. Operasi militer itu melibatkan sekitar 2.000 tentara. Mereka menyerang kawasan kekuasaan Boko Haram. Ia juga menunjukkan foto fasilitas rumah sakit dan asrama yang dibangun militan dalam kamp.

"Kamp-kamp ini adalah kantong kecil tempat dimana para pemberontak merencanakan operasi, dari sana mereka menyerang komunitas terdekat dan kembali,'' kata Olukolade.

Sementara itu, militer membebaskan tiga wanita dan anak yang diculik Boko Haram pada 7 Mei. Namun dua anak dan satu wanita menghilang.

Sebelumnya, pemimpin kelompok tersebut, Abubakar Shekau, menampilkan mereka dalam sebuah video propaganda. Ia mengaku menculik wanita dan anak-anak sebagai pembalasan atas militer yang menculik keluarga mereka.

Pada 14 Mei, Presiden Goodluck Jonathan menyatakan kondisi gawat darurat pada tiga negara bagian yaitu Borno, Yobem dan Adamawa. Presiden pun memberikan kekuasaan penuh pada militer untuk mengontrol keamanan negara.

Keputusan itu bertujuan meningkatkan upaya perdamaian. Sejak Boko Haram melancarkan pemberontakan di 2009, lebih 2.000 orang tewas di Nigeria.

Kelompok, yang namanya berarti 'pendidikan Barat dilarang' itu mengatakan tujuan mereka untuk menggulingkan pemerintahan Nigeria dan menciptakan negara Islam. Diduga, Boko Haram menerima dukungan dari jaringan militan Al-Qaeda di negara lain.


>>> Ayo Ikutan Kontes Humor JOKES.WEB.ID <<<

No comments:

Post a Comment





Supported By Mael For You